5 Unsur Strategi Pemasaran Bagi Pemula

bisnis bunga 4

Logika pemasaran dalam membangun usaha  ketika tahun 1935 berfokus pada volume penjualan, dan ini yang masih banyak mendasari para pemula bisnis merancang strategi pemasarannya. Seyogyanya tidaklah demikian lagi, bahkan kini strategi pemasaran mengalami perkembangan  berfokus kepada kecintaan merek dari masyarakat, artinya tidak hanya pembeli yang harus puas tapi masyarakat pun bisa merasakan puas. Pendek kata bagaimana produk atau pelayanan yang ditawarkan kepada pembeli atau klien juga memberikan manfaat bagi pihak atau orang lain.

Saat saya menuliskan artikel ini,  banyak pertanyaan dari beberapa teman-teman kususnya di daerah yang berminat untuk memulai bisnis bunga atau membuka toko bunga secara offline untuk di kota tempat mereka tinggal.

Ada 5 unsur yang idealnya perlu dicermati bagi pemula terlepas mereka ingin membuka #tokobunga  / #bisnisflorist ataupun usaha lainnya:

  1. Penentuan Pasar

Dalam strategi pemasaran, makna pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat pasar mana yang akan dilayani. Hal penting yaitu segmentasi pemasaran yang artinya upaya untuk mengelompokkan pasar agar kita mudah bagaimana memperlakukan pasar jika modal terbatas. Akan kepayahan jika harus melakukan pendekatan secara bersamaan ke seluruh masyarakat umum, juga butuh tenaga dan biaya yang cukup besar , selain waktu yang cukup panjang meskipun itu dengan media online sekalipun. Segmentasi pasar merupakan langkah awal dari strategi pemasaran agar produk benar-benar diformat sesuai dengan keinginan pasar. Lanjutkan dengan Targeting, ini sangat menguntungkan pelaku usaha yang bermodal tipis.

2.  Perencanaan Produk/Jasa

Sebelum membangun atau membuat produk yang siap dilepas pasar tertarget, perlu disusun sebuah perencanaan produk yang disesuaikan dengat permintaan target pasarnya. Misalkan volume produk, design produk, kemasan, harga, media promosi bahkan penentuan tokoh dalam iklan. Stella Florist, misalkan, mentargetkan pada pelanggan korporasi yang lebih sering membutuhkan rangkaian bunga sebagai hantaran bagi kolega bisnis, maka design rangkaian dan pemilihan kualitas bunga yang dirangkai pun harus menyesuaikan kelas si pengirim dan penerimanya.

  1. Manajemen Harga

Penetapan harga adalaha upaya paling strategis dalam mengawali persaingan. Bisa berawal dari perhitungan yang matang secara internal kemudian dibandingkan dengan harga pesaing. Di era informasi, PASAR juga ikut menentukan harga, sebagai masukan di pasar, terutama ketika pasar merespon produk dengan kreatifitas harga yang salah.

Harga dalam sebuah rangkaian bunga, misalkan, sifatnya adalah subyektif dimana nominal harga yang muncul adalah bentuk pertukaran terhadap nilai atau value artistik seni rangkai juga komponen material atau kualitas bahan baku yang digunakan  sehingga menjadi sebuah karangan bunga yang indah.

  1. Distribusi

Distribusi merupakan bagian dari strategi pemasaran yang cukup menguras energy karena factor efektifitas dan efisiensi agar semua pihak dapat terpuaskan. Jika anda pengusa toko bunga online maka menentukan mitra pihak ketiga dalam pengiriman produk rangkaian bunga terjamin dengan baik dan dapat dipercaya. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya baik oleh si pemilik toko bunga online – konsumen yang memesan rangkaian bunga – penerima rangkaian bunga karena menggunakan rantai-rantai distribusi.

Dalam paket kemitraan #Florist atau #TokoBungaOnline, #Stella Florist selaku penyedia #rangkaianbunga dan sekaligus pelaku distribusi nya, membatasi wilayah distribusi diseputar JABODETABEK mengingat menjaga produk tetap terlihat segar. Dengan sistem pemasaran secara online memungkinkan Mitra menjual produk rangkaian bunga darimana saja meskipun wilayah distribusinya dibatasi.

  1. Komunikasi dan Promosi

Penting dibangun sebuah lini komunikasi yang tepat dalam memberikan informasi yang meliputi penerapan pendekatan pemasaran, sistim publikasi, promosi penjualan dan hubungan relasi penjualan langsung, pembentukan media pendukung. Karena komunikasi yang tepat akan meningkatkan persepi  yang baik ke pasar.

Dalam pelayanannya Stella Florist selalu mengedepankan kebutuhan maksud sang konsumen dalam mengirimkan rangkaian bunga. Selain rangkaian bunga itu sendiri sebagai sebuah media komunikasi bagi sang pemesan kepada sang penerima, sebagai penyedia produk, Stella Florist juga menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan para konsumen. Memberik saran pemilihan rangkaian dan pemakaian bunga yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan, salah satunya.

 

Sumber: http://ipan.web.id/dasar-marketing-5-unsur-dalam-strategi-pemasaran-bagi-pemula/

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>